Monday, July 26, 2010

Road To Bromo




Hari jumat 17 Juli 2009 jam sepuluh pagi gw memulai perjalanan bersama salah satu kakak perempuan gw menuju Surabaya by train. We were so exciting until a call droped it all.

Kakak gw panik karena perijinannya mendadak mentok di meja tertinggi birokrasi kantornya. Melihat wajah panik en bingunnya, gw ga bisa bicara apa kecuali,

“Ya udah, klo memang musti turun mah turun aja gw lanjut ke Surabaya.”

Dan turunlah dia di Stasiun Cirebon dengan janji akan kembali menyusul gw by plane besok setelah acara kantornya selese.

Namanya kakak, udah dibilang gw bisa sendiri menuju hotel, teteeeppp die koling temennya yang ada di surabaya buat jemput and drop gw ke hotel hehehe… Yo wis lah… Daripada doi cemas en pastinya ntar gerecokin gw, gw pasrah.

Bener aje! Hotelnya cuman tinggal lurus 5 menit doank dari Stasiun Pasar Turi hehehe… Tengsin banget dech, masa’ backpacker segitu aja musti dianter jemput! Wakakakkk! Mana keretanya telat sejam lagi. Jadilah tu penjemput nongkrong sejam di stasiun hihihi… Lumutan kali tu orang.

Ada yang lucu waktu gw nelfon menginformasikan posisi gw sama temen kakak gw,

“Gw udah di daerah Duduk-Sampeyan… (gw terdiam en kemudian terkikik) aneh banget sih niy nama tempat hihihi…”

Orang diseberang sana ikut ketawa denger komentar gw, beneran loh ada daerah dengan nama aneh begitu di daerah Gresik! Hahaha…

Back to the topic, singkat kata singkat cerita, gw sampe hotel jam sembilanan en langsung cek in. Dan sampai jauh malam memantau berita di tivi yang menyoroti musibah bom bunuh diri di sebuah Hotel ternama di Jakarta yang juga mengalami hal yang sama tahun 2003 lalu… Bahkan kali ini disusul dengan ledakan selanjutnya di Hotel ternama lainnya, dan sebuah bom mobil di Muara Angke.

Gw betul2 sangat prihatin… Dan ga habis fikir, kapan orang bisa berhenti berfikir gila, berhenti terobsesi menimbulkan kekacauan dengan membunuhi orang membabi ngepet kayak begitu… Guys, I just wanna say… Biarlah mereka hidup dengan kebencian, yang penting kita ga ikut2an sakit jiwa dan selalu hidup dengan menyebarkan kasih sayang…

Gw mengucapkan ikut berbela sungkawa yang sedalam2nya kepada seluruh korban musibah khususnya, dan kepada rakyat Indonesia bahkan seluruh penghuni dunia atas matinya rasa humanis yang mencabik dan memporak-porandakan hak azasi yang paling azasi… yaitu HAK UNTUK HIDUP…

Hari Sabtu 18 Juli 2009 jam sepuluh pagi gw check out dari hotel menuju Malang. Gw menunggu bus tepat di seberang hotel tempat gw menginap. Bus kota jurusan Bungurasih, Lyn F. Ga begitu lama gw menunggu, itu bus dateng juga.

Penumpangnya ga terlalu penuh, gw memilih duduk di depan kiri samping seorang cowok. Di depan, gw bisa leluasa melihat pemandangan dan arah bus. Cowok di samping gw tiba-tiba nyeletuk,

Broniez : “Daerah sini kos-kosan sebelah mana ya?”
Gw : “Wah maaf kurang tau, saya bukan orang sini”
Broniez : “Oh kirain orang sini… Emang darimana?”
Gw : “Dari Jakarta”
Broniez : “Ooo liburan tah? Libur kuliah?”
Wakakakakkkk! Gw bersorak riang dalam hati… Gw masiy mirip anak kuliahan??? Hahahahaaaa…!
Gw : “Libur kerja” *masih dengan senyum kesenengan*

Dan… Bla… Bla… Bla… Percakapan terjadi sepanjang perjalanan dengan topik mulai dari komentar langganan tahu gw jalan sendirian,

“Ga takut apa pergi jauh-jauh sendirian?”

bom Marriot yang baru terjadi kemaren, iklim, pekerjaan, kuliah, hingga lumpur Lapindo berikut kandungan zat di dalemnya. Secara doi anak teknik kimia geto loch hehehehe… Jadi mengingatkan pada seseorang hakhakhakkkk…

Lumayan, sampe di Bungurasih ada yang bisa dijadiin guide nyari bus. Tapi kami berpisah di depan pintu terminal keberangkatan luar kota karena dia musti nelpon seseorang dulu.

Maka berpisahlah kami disitu, say so long and thankz. Without knowing each other name!!! Hahahahaaa ngobrol selebar-lebar gw baru ngeuh ga sempet kenalan! Makanya gw sebut dia broniez aja karena dia emang berondong manis hehehe… Baru mulai kuliah 2003 bo!

Dari terminal Bungurasih, gw numpang bus patas AC jurusan Malang. Gile itu calo, tereakannya dahsyat beneeeerrrr!!! Ga ada yang gandulin tas siy, lumayan tertiblah buat ukuran terminal. Tapi ga urung bikin gw sempet terlonjak kaget.

Gw fikir tu calo tereak karena takut gw ketabrak sampe gw refleks nge-rem langkah and tengok kiri kanan! Pas gw ngeuh, kontan gw ketawa ngetawain kebegoan gw, si calo ikut ketawa liat gw elus2 dada sambil ketawa. Kutil!!!

Bus patas AC tujuan Malang lumayan banyak peminatnya ternyata, rebutan bo naiknya. Untungnya gw bawa ransel gede, bisa buat senjata bak buk hehehe…

Gw duduk dengan aman sentausa di posisi yang lumayan nyaman, sebelah jendela. Satu jam pertama masiy liat-liat jalan sambil mengamati peta. Selanjutnya, setelah melewati lumpur Lapindo, bendungannya maksutnya, gw tertidur dengan sukses hehe…

Terbangun udah sampe Lawang, tidur lagi… Bangun lagi sampe Malang mendekati terminal Arjosari. Terpaksa melek.

Nyampe terminal, sebenernya gw udah janjian sama temen kakak gw untuk dijemput di terminal, tapi gw pengen beredar dulu hehehe… Kan ga enak klo nyuruh dia nganter gw keliling2. Awalnya gw ngiler pengen ke Toko Oen, tapi sayang ada menu nonhalal-nya :( jadilah gw banting stir ke bakso bakar-nya Bakso Kota di Jl. S. Parman.

Bakso bakarnya lumayan, beda dari bakso yang biasa gw makan. Tapi klo dikuahin, lebih enak bakso kumis depan BCA di Purwakarta hehehehe… Halow Mas Kumis, masuk blog negh! :p

Dari situ gw janjian ketemu sama temen kakak gw. Waktu dibilangin mau nginep di hotel aja, dengan ramah en baik hati belio ga ngijinin… Yah… Apa mau dikata, budi baik pantang ditolak.

Lucunya, pas sampe dirumahnya, kenalan ma istrinya ternyata namanya sama ma nama gw! Waktu gw sebutin nama, dia bengong hahahahaa…!

Ternyata, namanya sama pembawaannya juga sama, rame! Doyan ngobrol en ramah banget… Mmmmm kayak gw geto dech cuma dia versi normalnya hihihiii…

So, sambil menunggu keberangkatan ke Gn. Bromo, gw tidur dirumahnya…

Jam 7 gw tidur, modal buat ntar malem kira2 jam set 2 menuju Bromo nonton sunrise. Kebangun jam 9 makan malem, lanjut tidur lagi. Jam set 12 kakak gw telfon minta dijemput di terminal Arjosari.

Siap2, eeee kamar diketok…

“Ada duren nih…”

Yeeeiiiiyyy!!! Gw langsung ikut nongkrong ma temen2nya temen kakak gw yang bawa upeti duren. Kakak gw, secara doi musuhnya duren dan banyak buah2an milih tidur pulessss setelah perjalanan jauh Jakarta-Surabaya-Malang. Lumayan katanya sejam ngelempengin punggung.

Ga sampe dua menit udah kedengeran dengkur halusnya! Bah dasar pelor!

Hari minggu 19 Juli 2009, jam dua dini hari, kami (biar ga ribet gw kasiy aja inisial nama yakz); Mas Anu, Jimboy, Mas In, gw ma kakak gw start for today’s adventure menuju Bromo by jeep yang kami sewa berikut supirnya.

Dari mulai start, Jimboy udah jadi bulan2an Mas Anu hehehehee… Selain dia paling kecil ternyata doi juga latah hahahaha… Ga bisa kaget dikit langsung merepet :p Sampe dikasiy julukan ma Mas Anu, Premlat alias preman latah hihihi…

Orang yang dikasiy julukan cengar-cengir doank sambil mencoba melakukan kick balik dalam bahasa Jawa Timuran. Ga bisa marah kayaknya niy anak. Lagian gw dah paham, begitulah caranya beberapa cowok berteman dan mengekspresikan kasih sayang hehehheee…

Baru jalan beberapa lama, ni anak yang duduk didepan sama Mas Anu langsung memposisikan kepalanya untuk tidur. Apalagi dengan kondisi jalan yang berkelok2 dengan jurang disisi kiri or kanannya. Makin aja dia mendelep,

“Aku mabokan,” katanya.

Haha preman kok mabokan :p

Pananjakan sedang dikunjungi banyak turis ternyata, kami harus turun sebelum sampai gerbang untuk dilanjut dengan berjalan kaki.



Dengan udara yang duiiiiinngggiiiinnn abwwiiissshhhh, kami berlima berjalan beriringan menuju Penanjakan untuk melihat sunrise. Bahhhh di pendopo tempat nonton sunrise puwenuuuuhhhnyaaa minta ampyuuuunnn!!!

Mas Anu sama Mas In melipir-melipir nyari tempat strategis sampe ke bibir2 tebing. Setelah dapet, mereka ajak kami ngikut… Dalam keadaan gelap, melipir-melipir bibir tebing bikin ketar-ketir juga. Lain hal sama Mas2 ini yang udah bolak-balik Semeru, untunglah kakak gw bawa senter.

Setelah nongkrong beberapa lama menunggu matahari terbit, mulai terlihat semburat jingga di timur cakrawala… Semua sibuk ancang-ancang mulai jeprat-jepret.

Sementara kakak gw… Ribut minta disettingin kamera! Wakakakakkk! Kamera bagus-bagus kagak bisa makenya, gimana ini… Akhirnya, Mas Anu yang notabene memang seorang fotografer ambil alih kamera sambil ketawa-ketiwi ngejek hahaha…

Gw ma kakak gw sibuk sendiri narsis mode on foto2 pake hape sambil becanda sama Jimboy yang latahan hehe…

Sunrise-nya ga dapet bagus, cuman berupa semburat lembayung doank. Kata Mas Anu, sunrise yang bagus itu klo si mataharinya kelihatan jelas nongol di ujung cakrawala sana. Sedikit demi sedikit…

Gw baru tahu hehehhee… Gw fikir, asal udah liat lembayung kuning2 berarti dah dapet sunrise, dasar amatir :p

Daripada sunrise, kok gw lebih terpenosa lihat pemandangan Gunung Semeru, Gunung Batok sama Gunung Bromo yang saling berdampingan… Dihiasi kabut putih menyelimutinya… Ahhhh indahnya…

Mas In bilang, Gunung Batok itu sebenarnya adalah puncak Gunung Bromo yang ketika meletus terpotong utuh kayak potongan puncak nasi tumpeng. Sedangkan Semeru kelihatan gagah tinggi menjulang dengan puncak sempurna…

Setelah selesai sesi foto “sunrise”, giliran sesi foto narsis hahaha… Kami dijepret2 fotografer profesional gratis! Kapan lagi??? Hahaha… Udah macam model profesional aja gayanya :p



Kenyang foto di Penanjakan, kami melanjutkan perjalanan menuju puncak Bromo. Melewati lautan pasir dan undakan anak tangga. Tinggiiiii, menanjak, berdebu, bau pesing dan kotoran kuda, diganggu pula dengan lalu-lalang kuda.

Baru berjalan beberapa langkah di lautang pasir, kaki sudah terasa berat… Apalagi pasirnya dalem, sepatu gw udah ga kayak sepatu lagi. Beres melintasi lautan pasir, masih harus menanjak lereng gunung dan 249(versi hitungan gw) buah anak tangga.

Mas2 ojek kuda udah menggodai semenjak melangkahi lautan pasir. Tapi aku udah bilang pada diri sendiri, gw harus bisa sampai ke puncak dengan usaha gw sendiri!



Haaa!!! Walaupun dengan nafas hampir putus, dan dandanan ala milisi Al Qaeda sampe juga gw di puncak! Yeeeiiiiyyy! Eureka!!! Rasanya puwwaaaasssss buangetttt!

Ternyata, yang naik cuma gw, kakak gw sama Mas Anu doank. Mas In sama Jimboy entah nyangkut dimana. Jimboy kayaknya siy hunting “Manohara” (istilah bule bentukan Jimboy hehehe…) yang banyak berseliweran :p

Rencananya, selesai dari situ mau lanjut ke Ranu Pane dan Croban Pelangi. Tapi berhubung kaki udah sengkleh ga mendukung, akhirnya kami diajak ke padang savana dan lautan pasir untuk foto2.

Wiiiiyyyhhh pemandangannyaaa!!! Bikin gw bwenerrr-bwenerrr jatuh cinta!!! Indaaaaaahhhhh banget!!! Gw sampe mati gaya foto abis2an hahaha… bener2 foto gila2an abissss!!! Dan artistik! Ya iyalaaahhhh yang moto fotografer geto loch :p



Klo yang mau foto prewed di Bromo, bisa pake dia. Deuuu promosi hehehe… Tapi beneran keren kok, liat aja foto2 guweiy :p

Capek dan hampir muntah kekenyangan berfoto hehehe… Kami pulang dan mampir sebentar makan siang.

Sampe rumah, langsung mandi. Bersih-bersih dilanjut tiduuuuurrrr… sampe maghrib menjelang. Makan malem, ngobrol-ngobrol ma istrinya Mas Anu, upload foto ke komputer, kemudian tidurrrr lageeehhhh…

Senin, 19 Juli 2009 jam 11 pagi, kami berdua diajak berkeliling melihat2 kota Malang sambil sekalian cari oleh2 khas Malang by bike. Ditemenin ma Mas Ag temennya Mas Anu sebagai ojek volunteer hihihi…

Kami diajak berkeliling melihat alun2, patung2 ikon kota Malang, dan waktu liat Museum Brawijaya kakak gw mupeng pengen masuk. Untung lagi buka.

Masih seperti kemarin, main ke museum berarti sesi foto2 lageh! Hahaha bener2 dah narsis abiiiiisssss!!!



Museum Brawijaya berisi komputer jaman baheula yang segede gaban dan sama sekali ga ada monitornya (atau gw yang ga nemu ya?), foto2 para pejuang, senjata2, seragam PETA, mobil tua, uang kuno dll.



Selesai dari museum kami lanjut makan bakso bakar, kali ini bakso bakarnya Pak Man. Berbeda dari bakso bakar Cak Man, yang ini ada sebuah rasa yang bener2 asing dilidah gw… Entah apa… Ga biasa dech pokonya.



Abis ngebakso, kami lanjut cari oleh2 dan diajak makan tahwa. Gw penasaran, tanya2 kenapa dinamain tahwa? Si Masnya bilang, itu singkatan dari tahu kuwah! Hehehee… Pakar kuliner, bener ga?

Gw fikir, tu makanan yang terbuat dari tahu putih nan lembut yang di suguhkan dengan kuah jahe berasal dari negeri China sana. Dan asal nama tahwa adalah sebutan dari bahasa China, entah apa artinya.

Jam set tiga kami diantar ke Terminal Arjosari, setelah pamitan ma istrinya Mas Anu untuk menuju Surabaya menumpang bus Patas AC.

Aaahhh perjalanan ternyata lumayan agak macet di daerah Gempol Pasuruan, jam 5 kami baru sampai dimulut tol! Waduh, gw udah tanya2 kakak gw boarding pesawat jam berapa takut telats. Dia bilang set tujuhan.

Akhirnyaaaa… Jam 17.15 kami sampe juga di terminal Bungurasih, pas pula ada DAMRI bandara sedang menunggu penumpang. Kami langsung naik dan menuju Bandara Juanda.

Jam lapan seperempat pesawat take off menuju Jakarta. Tak ada halangan suatu apa, alhamdulillah. Sampai kembali ke Jakarta jam sembilan kurang lima belas menit.

Selesai sudah petualangan kali ini… Next destination to …

No comments:

Post a Comment

VISA KOREA SELATAN GRATIS SAMPAI AKHIR TAHUN 2019! KUUYYY!!!

Hai traveller, pada tau ga? Korea Selatan kan lagi bikin "promo" visa gratis looohhhh... Promo ini diberikan pemerintah Korse...