Monday, July 26, 2010

Berpetualang Bersama Paulo Coelho

Sebenarnya badan gw masih letih sehabis berkeliaran seharian tadi, tapi ternyata gw belom bisa beristirahat sebelum menulis petualangan hari ini. Well, agak lumayan seger sih setelah mandi barusan.

Oks dech friends, hari ini gw backpacking ke Kawah Putih. Hehe… kawah putih doank geto loch, pantes ga sih disebut backpacking? Secara, sehari aja dah cukup buat PP Jakarta-Kawah Putih.

Yups, betul bangets, gw PP Jakarta-Kawah Putih hari ini ditemani ma Paulo Coelho. Hehehehe… tahu ga siapa diye? Diye pengarang novel :p So, berhubung gw pergi sendirian, gw bawa buku buat temenin gw klo lagi bengong. Judulnya ”Veronika Memutuskan untuk Mati”, serem yeeeee…

Kemaren hari Jum’at sebenernya gw agak-agak mundur maju antara balik ke Pwk apa lanjutin rencana tripping. Tapi akhirnya, setelah gw pikir-pikir, gw memang bener-bener butuh tripping saat ini. So, dengan berbekal print out sebuah artikel di blog tetangga, gw kabur jam enem hari Sabtu pagi menuju Kawah Putih.

Berikut peta rancangan gw bagpacking berdasarkan artikel blog2 tetangga:

  1. Cawang – Leuwi Panjang (7.00 – 10.00)
  2. Leuwi Panjang – Ciwidey (10.00 – 12.00)
  3. Cari penginapan di Ciwidey, simpen baju and lanjut ke Lokasi (12.00-13.30)
  4. Lokasi Kawah Putih (poto2 makan siang and ngaso2, 13.30-16.00)
  5. Balik ke penginapan, and istirahat
  6. Pagi balik ke Bandung, jalan – jalan and balik Jakarta agak siang or sorean

Realisasinya:

Subuh harinya Jakarta hujan, mpe waktu gw cek-ot dari kontrakan pun masih gerimis aje. Gw meneguhkan niat, still yakin and sedikit nekatz melangkah menuju Cawang. Begitu sampe Cawang gw langsung dapet bis ke Leuwi Panjang. Jam tujuh kurang lima menitan bis berangkat. Merk bisnya apa gw lupa, pokoknya ongkosnya 35rebu. Sarapan roti and susu karton di bus.

Jam setengah sepuluhan udah nyampe Leuwi Panjang, perjalanan lancar kecuali keluar tol Pasir Koja menuju Leuwi Panjangnya aja yang rada2 tersendat. Sejauh ini Bandung masih seperti empat tahun yang lalu…

Di Leuwi Panjang sempat mampir bentar di toilet umum jaga-jaga perjalanan panjang selanjutnya. Di sana dah berderet mobil colt jurusan Bandung-Ciwidey. Gw ga langsung naik, lirak-lirik dulu lihat sikon, ternyata di deretan laen gw liat ada bus juga dengan jurusan yang sama.

Ok, gw pilih naik bus, menurut pengalaman, tarif mobil kecil lebih mahal dari mobil gede and kadang suka ga sesuai rute dus berenti ngetem seenaknya. Waktu gw naik, bus masih relatif kosong, gw baca-baca aja buat ngisi waktu. Masuk bab awal langsung ngebahas Veronika (Sang Pelaku Utama) yang sedang melakukan ritual bunuh dirinya heuheuheu… Ekstrim juga nih buku, menarik. Jam sepuluh bis berangkat menuju Ciwidey. Gw berenti baca and lebih memilih mengamati dan menikmati sepanjang jalan yang dilalui.

Sekitar setengah sebelas bis sampai di Pasar Soreang, banyak penumpang yang turun. Aduh mak pedagang asongannya banyak banget, pada maksa lageh padahal udah dibilang engga. Sampe ada yang keranjang dagangannya nyenggol pala gw saking hotnya nawarin dagangan! Dari pada ngerusak mood, gw pindah ke tempat yang lebih aman and konsentrasi lagi ke buku gw. Bab selanjutnya membahas Veronika yang ternyata lolos dari maut dan dijebloskan ke rumah sakit jiwa hehehehe… Makin menarik.

Ga berapa lama naik beberapa ibu lengkap ma anak-anaknya ribut banget, cerewet banget. Apa gw ntar klo udah jadi ibu-ibu juga bakalan begitu ye hehehhee… Eh, sekarang jg udah ibu-ibu deng haha! Ga cukup cuma ribut ternyata, tu ibu-ibu juga nyampah di bus! Buset dech! Kulit kacang, kulit telor puyuh, kulit jeruk, cangkang pelastik, semua bertebaran disekitar tempat duduknya. Gw berusaha konsen sama novel gw, ga peduli biarpun diusilin anak terminal karena mungkin pemandangan yang aneh melihat orang baca di bus hehehehe… Bis melanjutkan perjalanan, buku gw tutup lagi.

Sampai di Ciwidey, gw lirik jam masih menunjukkan jam 11-an. Setelah mengamati keadaan sekitar waktu perjalanan menuju ke sini tadi, gw memutuskan nginep di Bandung aja. Situasi ga membuat gw merasa nyaman.

Dari Ciwidey gw lanjut naik angkot jurusan Patengan, angkotnya warna kuning. Eeee ketemu ibu-ibu yang tadi sempet se bis (baca: bukan ibu-ibu yang nyampah mode on hehe). Si ibu berbasa-basi ma gw, nanya mo kemana, kok perginya sendiri aja, dll. Gw jawab sekedarnya full senyum, ya iyaaalllaaahhhh masa’ gw langsung curhat klo gw lagi setres makanya ngelayap sendirian?! Hihihi…

Jalanan menuju Kawah Putih agak-agak men-trigger phobia gw, nanjak terus bowwwww! Gw nenangin diri gw sendiri, bahwa si sopir udah berpengalaman dan ga akan terulang seperti waktu kemping dulu hehe… It’s raising my adrenalin and I love it though.

Ampir aja kelewat tu gerbang Kawah Putih, untung ada dua orang cewek-cowok yang ternyata juga mo kesana berentiin tu mobil. Gw kena getok, tarif 6rb jadi 7.500, tu cewek ngomel-ngomel, gw tanpa babibu nambah ongkos ga mo ribut.

Tiket masuk lokasi 10rb dah termasuk asuransi. Bapak penjaganya baik, sempet pesen ma gw supaya hati-hati di dalem. Karena gw pengen cepet sampe, gw naik ojek yang udah pada nangkring disitu instead of mobil2 colt buntung hasil modifikasi. Abis, pasti nunggu penuhnya lama. Ih, ternyata masuknya lumayan jauh jg, pantes dech tarif ojeknya 10rb sekali jalan. Gw janjian jam 2 dijemput lagi ma tu tukang ojek..

Lokasi sedang berkabut abis!!! Tadi sepanjang jalan menuju sana, jalanan basah, kayaknya baru aja selese ujan. Bener –bener ga keliatan apa2, cuman kabut and kawah yang warnanya hijau. Perlahan-lahan kabut mulai naik, menguap, menjadi rintik2 hujan, kawah dan pemandangan sekitarnya terlihat semakin jelas! Indahnya…

Gw ga bawa kamera, jadi minta adik kecil tukang foto disitu. Ga tau, gw gampang banget terenyuh liat anak kecil yang udah bekerja seperti itu. Gw minta difoto sampe empat pose, yang satu agak gelap sih, tapi gw cetak juga. Si Adek kelihatannya bener-bener amatir hehehe… Si Adek sedikit gw wawancarai sambil menunggu hasil cetakannya jadi.

”Itu kamera ga cepet rusak apa ya dipake didaerah seperti ini?”

”Enggak, ya klo rusak di service palingan Teh..” suaranya agak gagap, ada beberapa suku kata yang diulang.

”Kameranya dapet darimana?”

”Oh, ini mah punya koperasi. Jadi, saya nyetor gitu Teh…”

”Oooo jadi kayak sewa gitu ya?”

”Iya, tapi klo sudah ’selesai’ bisa jadi hak milik juga”

Gw berpikir dalam hati, ooo sistemnya leasing gitu kali yah. Yang dibilang Si Adek ’setoran’ itu, adalah cicilan.

”Berapa setorannya Dek?”

Si Adek agak berbelit-belit, entah ga mengerti atau itu merupakan rahasia perusahaannya hehehee… Tapi akhirnya dia jawab juga.

”200rb seminggu”

”Oh ya? Bisa dapet segitu seminggu?”

”Ya itu mah tergantung rejeki saya Teh… Tapi klo ga ketutup, ya paling saya ambil dari penghasilan sebelumnya, atau minggu depannya…”

Cetakan 4 lembar foto udah kelar, gw sempet tawar hehehehe… Sebenernya ga niat jg sih ngurangin tarifnya, cuman rasanya ga afdol aja klo ga bargaining waktu transaksi hahaha…

Puas foto-foto, liat-liat alam, gw ngerasa laper juga. Sempet tanya ma Si Adek letak toilet. Abis dari toilet gw cari warung makan, ada banyak kios yang didominasi kios strawberry segar. Kios pertama: bajigur-pisang rebus, kios kedua: jagung bakar, kios ketiga: ketan bakar, kios ke empat: indomie plus goreng2an, nah diujung sana ada warung makan sedia bakar-bakaran and sate.

Gw pesen sate kelinci and sate kambing masing2 lima tusuk plus nasi and bandrek susu. Gw pesen nasinya dikit aja, soalnya gw dah ngincer jagung bakarnya juga hihihi… Sate kelinci gw baru makan hari itu, mmm rasanya kayak apa ya… Orang-orang bilang kayak daging ayam, tapi gw bilang siy enggak ya. Kayak… daging kelinci siy pastinya heheehe… Selesai makan besar, gw nongkrongin Abang jagung bakar, minta satu yang kecil aja.

Jam dua gue dijemput, sebenernya gw dah lupa muka Si Tukang Ojek kayak mana hahahhaa… Untungnya dia yang hapal ma gw, ya iyaallaaahhh lom bayar geto loch mana bisa lupa :p

Sampe Leuwi Panjang jam setengah lima, gw mutusin langsung balik aja ke Jakarta. Males nyari penginapan. Di bus gw dah merasa capek and penat banget berencana tidur setelah sempat terantuk-antuk di colt dalam perjalanan Ciwidey-Leuwi Panjang. Abis suasana mendukung banget, ujan, capek, lamaaaaaa… Hehehhee… Sampe ibu sebelah gw bilang, “Sok kadieu, nyarande we ka ibu” (red:ayo sini, senderan aja sama ibu). Pastinya gw dari tadi udah mengintimidasi Si Ibu, nyeruduk2 die tanpa sadar hahaha. Gw malu, saking malunya sampe mata yang tadi sepet jadi melotot lagi hehehe…

Ternyata ga bisa euy! Busnya sering banget ngerem mendadak. Gw cuma bisa tidur2 ayam doank. Sampe Jakarta jam setengah delapan, rencana mo cari steak di Tebet sekalian begadang pulang malem ga terlaksana. Dah capek banget! Akhirnya beli makan di nasi padang langganan deket rumah. Makan, mandi and pengennya langsung bobo. Eeee malah ga bisa bobo. Nulis ini dech, cuman baru setengah, gw colaps juga hehehehe… Dilanjut dech pagi ini…

Next Journey to… Seperti biasa, tak usah berencana. Gw lebih suka segala sesuatu yang spontan, sesuatu yang spontan itu lebih terkesan jujur. Tapi, temen gw pernah ada yang bilang, gw ga suka berencana karena gw plinplan, gampang banget berubah. Rencana bisa berubah seenak perut tanpa pemberitahuan sebelomnya hihihihiiii… Yes, that’s me, isn’t wise man said, changing is life itself? Hehehehe…

(Sabtu-Minggu, 14-15 Juni 2008)

No comments:

Post a Comment

VISA KOREA SELATAN GRATIS SAMPAI AKHIR TAHUN 2019! KUUYYY!!!

Hai traveller, pada tau ga? Korea Selatan kan lagi bikin "promo" visa gratis looohhhh... Promo ini diberikan pemerintah Korse...