Wednesday, June 5, 2013

SHENZHEN (WOW DAN SPLENDID CHINA)

Window of The World
Jurnal 10-12 Mei 2013

Perjalanan dari Hongkong menuju Shenzhen ditempuh dengan menggunakan MTR sampai ke Stasiun Lo Wu yang berbatasan langsung dengan negara bagian Shenzhen. Pemegang passport Indonesia bisa mengajukan visa on arrival di lantai dua gate pemeriksaan imigrasi, tapi karena infonya masih simpang-siur jadinya kami udah mengajukan visa China dari Indonesia.

Bagi yang mau refund Octopus Card, bisa dilakukan di stasiun ini. Letak loketnya di sebelah kanan exit gate MTR sebelum imigrasi. Lumayanlah buat tambah-tambah jajan di Macao *melet*

Karena sudah malam dan kebetan hotel yang kurang lengkap akhirnya kami memutuskan naik taksi aja. Walaupun sempet keliling-keliling karena sopir taksinya sama sekali ga bisa Bahasa Inggris, bahkan udah tunjukin voucher booking tiket yang ada tulisan Chinanya pun Pak Sopir ga mudheng juga. Akhirnya setelah Pak Sopir telepon-telepon entah siapa yang bisa berbahasa Inggris dan bicara sama gw tanya alamat hotelnya, sampai juga di itu penginapan yang emang letaknya agak di dalam.

Uniknya, ketika sampai di hotelnya, Pak Sopir gandeng seorang Bapak yang ternyata menginap di hotel tersebut untuk menerjemahkan kalau dia mau minta bayaran 15 yuan aja padahal argo di taksi menunjukkan angka 35 yuan! Katanya, itu kompensasi karena dia ga tau jalan dan udah bawa kami muter-muter. Ya ampun... Baik banget Pak Sopirnya... Tapi tentu aja kami ga tega, udah sampe aja udah terima kasih banyak...

Bapak penerjemah tanya kami dari mana, katanya jarang ada yang mau main ke Shenzhen karena kendala di bahasa. Berarti kami termasuk pelancong yang nekat, tanpa bekal Bahasa China "lancang" pergi ke Shenzhen heheheheee...

WOW dan Splendid China (11 Mei 2013)

Pukul 7 pagi perjalanan di Shenzhen sudah dimulai, kali ini kami pergi menuju Stasiun Luo Hu (stasiun kereta internal Shenzhen yang bersebelahan dengan Stasiun MRT Lo Wu) ditemani seorang perempuan muda yang bekerja di Hotel Shangrilla. Pas kami tanya arah Luo Hu Railway Station kebetulan dia bisa berbahasa Inggris dan mengajak barengan karena setujuan. Senangnya... *luv*luv*luv*
Window of The World
Tujuan pertama ke WOW menumpang subway setelah sebelumnya membeli kartu ShenZhen Tong seharga seratus yuan. Sayang sebenarnya karena kami cuma akan berada di ShenZhen sehari saja. Kami turun langsung di Stasiun Window of The World yang exit gate-nya menyerupai Louvre Mussee di Perancis sana...
Sampai di WOW langsung beredar menggunakan kereta untuk melihat spot-spot yang asik buat foto. Tapi tetep aja kami muter juga dari ujung sampe ujung wkwkwkkkk...

WOW - Europe

Some Sculpture at WOW
Setelah makan siang kami melanjut ke Splendid China yang hanya berbeda satu stasiun saja dari stasiun WOW yaitu Stasiun OCT (Overseas China Town). Selain melihat bangunan-bangunan terkenal di China, yang menarik di sini adalah beberapa pertunjukan budaya yang menarik untuk ditonton. Kami sempat menonton pertunjukan seperti akrobat yang dikemas menghibur dan universal, drama tradisional China (kayak tonil jaman baheula), dan tarian muslim China yang mirip tari sufi.

Splendid China

Untuk yang akan langsung melanjutkan perjalanan, di dekat pintu masuk disediakan penitipan barang. Jadi ga perlu repot-repot harus pulang lagi ke hotel kalau memang waktunya mepet. Cukup sediakan tenaga lebih aja, soalnya Splendid China ternyata jauh lebih luas daripada WOW. Makanya untuk menghemat tenaga kami memilih berputar menggunakan mobil tour kemudian spot yg menarik saja yang kembali didatangi.