Wednesday, September 16, 2015

TURKI, Negeri Dua Benua (The Journey Begin)

Menggelandang di KLIA

Perjalanan panjang dimulai dengan penerbangan Garuda Indonesia jadwal siang pukul 13.50 dari Terminal 2 Soekarno-Hatta International Airport menuju KLIA karena penerbangan ke Turki melalui KLIA. Rute tiket promo dari Qatar Airways yang kami dapat adalah Kuala Lumpur (KLIA) – Doha – Istanbul (Ataturk) – Doha – Jakarta (SoeTa), jadi terpaksalah harus memesan penerbangan tambahan ke KLIA.

Berangkat dari Jakarta memilih garuda. Selain karena mendarat di KLIA, juga pengen ngerasain gimana sih rasanya naik garuda hehehee… *katro*

Jarang sekali gw mendapatkan jadwal penerbangan berangkat dari terminal lama, rasanya crowded banget ya… Dan gw kebingungan mencari loket check in. Hadeuh… Biasa check in online pun, ini harus check in lewat counter.

Tapi senangnya, hari itu pertama kalinya gw mencoba lewat imigrasi menggunakan auto-gate heheheee… Mungkin karena masih belum familiar, di auto-gate masih dipandu oleh petugas imigrasi. Cukup dengan menyelipkan halaman passport yang ada fotonya, cek sidik jari dan foto, udah langsung bisa melenggang keluar tanpa ditanya-tanya atau dipandang curiga (sensi).

Sampai di KLIA pukul 17.00 waktu setempat sedangkan penerbangan ke Qatar pukul 03.30 dini hari! Yah, begitulah perjuangan budget traveler, harus rela menggelandang di bandara hahahaaa…
Ternyata banyak juga “gelandangan airport” di KLIA, mereka masing-masing mencari spot strategis buat bobo sejenak termasuk gw ma Si Kakak.

Doha Airport - Masih sempat aja foto walopun sambil lari-lari

Pukul 06.00 pagi sampailah kami di Doha untuk transit dan melanjutkan perjalanan menuju Istanbul. Doha berbeda waktu 4 jam lebih lambat dari KL/Jakarta, jadi perjalanan KL-Doha memakan waktu sekitar 6,5-7 jam.

Walopun masih penat, tidak bisa berleha-leha karena Doha Airport itu crowded-nya bukan main! Banyak sekali penerbangan ke berbagai negara transit di sini. Begitu sampai harus sigap mengecek board digital pengumuman di gate mana penerbangan selanjutnya karena waktu transit sangat-sangat singkat sedangkan kita harus antri tas bawaan.

Jadwal penerbangan kami selanjutnya adalah pukul 7.50 pagi, padahal turun dari pesawat ke airport aja butuh setengah jam, belum lagi cek barang bawaan yang na’uzubillah panjangnya. Harus jeli mengecek petugas yang berteriak-teriak mengarahkan penumpang yang transit paling singkat ke antrian express. Bener-bener berasa kayak marathon…

Syukurlah kami ga pernah ketinggalan pesawat walaupun napas ngos-ngosan. So, tips bagi yang menggunakan penerbangan transit di Doha, bawalah tas tenteng seminimal mungkin. Kan ga lucu klo harus tertinggal pesawat cuma gara-gara repot bawaan.

Pukul 12.20 akhirnya kami sampai juga di Ataturk Airport Istanbul Turki.  Doha dengan Istanbul ga berbeda waktu terlalu banyak, hanya selisih beberapa menit saja. Jadi perjalanan Doha – Istanbul kira-kira memakan waktu 4,5-5 jam. Total jenderal perjalanan KL-Istanbul adalah sekitar 14 jam dengan waktu transit.

Perjalanan belum usai juga jenderal! Kami masih harus terbang lagi ke Cappadoccia pukul 16.00 waktu setempat. Hampirrr aja kami ketinggalan pesawat karena ternyata gate keberangkatan berubah. Pantesan ruang tunggu tiba-tiba sepi.  Untung ngecek papan digital, dan kami pun berlari-lari menuju gate yang seharusnya. Last call… fiuuwwhhhh… Dan pesawat sudah terisi penuh ketika kami masuk *usap peluh*.

Pesawat mendarat di Kayseri pukul 17.25 dan mobil jemputan dari hotel pun sudah menanti. Langsunglah kami melanjutkan perjalanan ke hotel karena ingin lekas-lekas meluruskan pinggang. Sampai di hotel sekitar pukul 7 malam, tapi suasana masih terang seperti jam 5 sore. Setelah cek ini, bayar-bayar n konfirmasi hot air balloon yang disarankan pindah jadwal jadi besok pagi, kami langsung masuk kamar dan ga keluar-keluar lagi.

Rincian Budget:
1. Qatar Airways return tiket Kuala Lumpur (KLIA) – Doha – Istanbul (Ataturk) – Doha – Jakarta (SoeTa) MYR 1.379
2. Garuda Indonesia Airways oneway tiket Jakarta (SoeTa) – Kuala Lumpur (KLIA) US$ 214