Monday, July 26, 2010

Dieng-Borobudur-Malioboro Plus Mie Ongklok Sluuurrrppp! (Part 1)



Yups! Akhirnya gw jadi juga beredar akhir taon ini 25-29 Des 2008. mPe kaki gw sengkleh hehehhee…

Tanggal 25 pagi gw berangkat ke tempat ex temen kuliah gw di Jatibening untuk lanjut by bus dari Grogol menuju Wonosobo. Di Grogol udah nunggu dua temen baru gw yang lain. Perjalanan lumayan lama kira-kira 17:20 - 04:30, tapi kata temen gw siy itu kebilang cepet cuma kena macet di Kertasmaya doank gara2 jalan yang butut.

Nyampe Wonosobo 26 pagi, kita dijemput temen baru gw di Plaza Wonosobo. Yahhh… namanya backpacker, lumayan ngirit uang penginapan hehehhee…

Istirahat sebentar and sarapan, pagi itu juga sekitar jam sembilanan kita lanjut menuju pemandian air panas Kalianget, kemudian dilanjut lagi ke Dieng.

Pemandian air panasnya ga begitu asyik sih menurut gw kalo dibandingin sama Ciater, tapi ya lumayanlah klo buat numpang mandi kita2 yang biasa tinggal di belahan dunia panas. Abis aernya duingin abwisssssshhhhh bbbrrrrrr!!!



Beres mandi, lanjut menuju Dieng. Wuiiiihhh jalannya sya’ikkhh!!! Naik turun belok kiri kanan disela tebing bikin sport jantung hehehehe… Yang bikin gw salut, banyak nenek kakek yang tenang2 aja manggul hasil kebun menapaki jalanan ekstrim begitu.

Dari pinggir jalanan, kita musti jalan lagi menuju pintu masuk area wisata. Berjalan menyusuri kebun, tercium “wangi2an” ga lazim di daerah situ yang belum pernah gw cium sebelumnya. “Wangi”-nya sungguh eksotik, sampe bikin gw terbatuk2 saking bacinnya hihihihi… Temen gw bilang, itu “wangi” kompos. Kita2 yang “anak kota” cuman pada ber - oooo bulet hehe…



Pelataran candi Dieng bagussssss bangeeeuuuttttt apalagi pas ada kabut2nya wiiiyyy berasa di luar negeri bowww… Bagus buat foto2. Kenyang berfoto and menikmati pemandangan pelataran Candi kita lanjut ke Kawah Sikidang. Tanya2, katanya cuma 1 km-an dari kompleks Candi. Oke dech, kita mutusin buat jalan aja menuju sana biar sambil lihat2 pemandangan sekitar.

Sekarang gw kasiy tau kalian, kilometeran di Dieng sono ga Standar Internasional! Semua orang ditanya jarak pasti jawabnya “sekitar satu kilometeran” biarpun kaki sampe sengkleh menempuh jarak “satu kilometer” itu hehhehe… Akhirnya sampe juga kita di Kawah Sikidang setelah jalan beberapa lama ditemani rintik2 hujan dan kawan-kawannya. Aseli, duingiiiiiinnnnnnnnnnnnnn… berasa sampe ke tulang sumsum.

Kawah Sikidang bagus and lumayan luas and pastinya duingiiinnnn abiiisssss… berkabut puwla… Kita sampe nunggu kabutnya naik dulu beberapa lama sambil makan kacang rebus. Abis itu, teteeeeppp narsis abissss poto2 lagiiiiii hehehheee…



Di Kawah Sikidang gw dikelecein tukang jagung bakar! Gw pan niat beli jagung bakar tuh, Si Bapak-nya kebetulan lagi bakar dengan seorang cowok yang nampak sedang nunggu tu bakaran jagung. Si Bapaknya nanya ma gw, mo rasa apa, gw jawab. Setelah beberapa saat nunggu, tu cowok selese transaksi beli jagung, Si Bapak nanya lagi ma gw mo rasa apa. Pas abis gw jawab, tau ga tu Bapak bilang apa?

“Jagungnya abis mBak…” , sambil nyengir kuda!!!!! Gw cuman melongo pasrah diketawain temen2 gw. Kucrut!!!

Abis dari Kawah, masiy lanjut lagi, teteeeeppp jaraknya 1 km dari Kawah menuju Danau 2 warna (katanya siy coklat ma ijo, tapi gw ga bisa liat sebelah mananya yang coklat hehe…) and 3 goa : goa Semar, Goa Jaran, atu lagi Goa apa ya… lupa :p oh iya, Goa Sumur.



Kaki gw udah berasa mo putus jalan dari pagi sampe sore. Tapi gapapa, soale semua terbayar dengan pemandangan yang bener2 asri and memanjakan mata abissss…



Balik dari Dieng kita sempetin makan Mie Ongklok. Kata satu acara tipi siy, katanya ini penganan khas yang patut dicoba karena ga ada di tempat lain. Temen gw yang asli sono ngajak ke Mie Ongklok Longkrang. Tempatnya sederhana aja, tapi pengunjungnya wedehhh ga berenti2! Kita aja sempet ngantri.



Mie-nya memang agak berbeda, disajikan dengan kuah lo (kuah kental dari sagu bercitarasa udang kering ato ebi) plus daun kucai and kol. Makannya dilengkapi dengan sate sapi. Hmmm… dingin2 makan Mie Ongklok maknyusssss tenannnnnnn… sluurrrpppph!!!

Belom puas beredar, habis maghrib masiy juga keliaran nyari oleh2 khas Wonosobo and nongkrong pesta duren!!! Wuahhhhhh secara temen gw orang Medan, pinter banget cari durian yang enyak, lima butir durian abis digasak hihihiiii…

Petualangan di Wonosobo bener2 sakseusssss…! Besok rencana ke Borobudur and Yogya…

No comments:

Post a Comment

VISA KOREA SELATAN GRATIS SAMPAI AKHIR TAHUN 2019! KUUYYY!!!

Hai traveller, pada tau ga? Korea Selatan kan lagi bikin "promo" visa gratis looohhhh... Promo ini diberikan pemerintah Korse...