Tuesday, July 30, 2019

EUROPE: 14 Days, 7 Countries and 13 Cities (Part 5)

Minggu, 16 Juni 2019 ZAANSE SCHANS - THE NETHERLANDS


Kelompen raksasa di Zaanse Schans
Hari ini rencana keliling keluar Amsterdam, melipir agak ke pinggir. Rencana mengunjungi dua tempat, Zaanse Schans dan Volendam. Langsung "nanya" google maps, gimana caranya ke kedua tempat ini. Kata google maps, disuruh naik bis Conexxion dari Amsterdam Centraal. Kalau dari google maps, dari Zaanse Schans ke Volendam disuruh balik lagi ke Amsterdam Centraal baru dari sana naik lagi yang ke Volendam. Kenyataannya, di halte Zaanse Schans, ada bis Conexxion langsung ke Volendam! Jadi jangan terlalu ngikutin kebetan, bisa ngecek-ngecek di halte jurusan mana aja bis yang lewat disitu.




Zaanse Schans adalah desa buatan yang dibuat sedemikian untuk mengumpulkan jejak sejarah terutama yang berkaitan dengan pondasi awal revolusi industri di Belanda, khususnya Zaanstreek. Didalamnya terdapat banyak museum yang berkaitan dengan sejarah industri, seperti Zaans Museum and Verkade Experience (biskuit khas Belanda), Albert Heijn Museum Shop (supermarket terbesar di Belanda), Bakery Museum de Gecroonde Duyvekater dan bahkan "pertunjukan" cara pembuatan kelompen.


Di sini, bisa jajan ngemil-ngemil sambil menikmati udara yang seger banget. Kalau gw, selalu ga nahan kalau ketemu strawberry. Buahnya selalu terlihat merah besar dan menggiurkan, apalagi dikasih kucuran coklat leleh... yummmmm... Satu lagi yang ga bisa dilewatkan adalah wafle, pancake khasnya Belanda. Dibuat dadakan (bukan tahu bulat ya hehehe...), dimakan hangat-hangat dikucuri coklat (lagi!) endessss markondessss!


No comments:

Post a Comment

VISA KOREA SELATAN GRATIS SAMPAI AKHIR TAHUN 2019! KUUYYY!!!

Hai traveller, pada tau ga? Korea Selatan kan lagi bikin "promo" visa gratis looohhhh... Promo ini diberikan pemerintah Korse...