Monday, September 14, 2015

TURKI, Negeri Dua Benua (Introduction)





Travelling tahun ini gw dan Si Kakak berkesempatan melancong ke Negeri Dua Benua, Turki. Ya, negeri ini unik, terletak di perbatasan benua Asia dan benua Eropa yang dipisahkan oleh Selat Bosphorus. Walaupun akhir-akhir ini sedang gencar-gencarnya drama/sinetron dari sana, kami pergi karena kebetulan pas dapet promo Qatar Airways aja setahun yang lalu. Jadi, ga ada hubungannya dengan “Turkey Wave” (ga mau dibilang ikut-ikutan trend wkwkwkwkk…).

Sayangnya, walaupun perjalanan ke sana terbilang cukup jauh dan melelahkan (total 13 jam 50 menit berangkat dan 14 jam 50 menit pulang), tapi ga bisa lama-lama karena waktu cuti terbatas. Maklumlah pegawai upahan. Kapan ya, bisa melancong dibayar hahahaa… *ngarep*. 

 

Jadi, dengan hanya punya waktu 6 hari untuk berkeliling Turki sedangkan tempat wisatanya lumayan jauh jarak satu dengan lainnya, maka kami memutuskan hanya menjelajah dua tempat saja. Cappadoccia untuk naik balon udara yang konon katanya atraksi wajib klo pergi ke sana, dan berkeliling di Istanbul.

 Apa saja yang perlu diperhatikan ketika melancong mandiri ke Turki?

  1. Berburu tiket promo sejak jau-jauh hari. Qatar Airways nampaknya salah satu pilihan yang tepat untuk hunting tiket murah ke daerah Eropa.
  2. Siapkan e-visa Turki. Walaupun terbilang paling mudah, tapi tetap harus dipersiapkan.
  3. Apabila melakukan penerbangan lokal langsung ke kota lainnya (dari Istanbul), perhatikan airport keberangkatannya karena Istanbul memiliki 2 airport dan keduanya lumayan berjauhan. Sabiha Gökçen International Airport yang berada di sisi Asia, dan Ataturk International Airport yang berada di sisi Eropa. Berdasarkan pengalaman, hanya Turkish Airlines yang terbang dari Ataturk.
  4. Apabila memiliki waktu sempit, siapkan betul-betul itinerary berdasarkan peta/jalur transportasinya agar tidak habis waktu bolak-balik.
  5. Pilih penginapan yang startegis, dekat dengan tempat-tempat wisata dan stasiun/halte (terutama di Istanbul, daerah Sultan Ahmet adalah tempat menginap paling strategis).
  6. Apabila ingin naik balon udara, perhatikan musim. Karena balon mengudara tergantung dengan cuaca dan angin.

No comments:

Post a Comment

VISA KOREA SELATAN GRATIS SAMPAI AKHIR TAHUN 2019! KUUYYY!!!

Hai traveller, pada tau ga? Korea Selatan kan lagi bikin "promo" visa gratis looohhhh... Promo ini diberikan pemerintah Korse...