Tuesday, June 4, 2013

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI UMUM DI TOKYO


Toei Ticket Vending Machine Asakusa Station
Transportasi umum di Tokyo banyak macamnya, namun yang butuh perhatian lebih menurut saya adalah cara menggunakan tiket ketengan kereta apinya. Karena transport jenis inilah yang paling populer digunakan pelancong mandiri. Selain cepat (ga ada macet dan waktunya yang sudah relatif fixed), praktis, murah juga "mudah" digunakan.

1. Secara garis besar, di Tokyo, jalur kereta api-nya terdiri dari JR (yang biasanya rel-nya di atas permukaan tanah ceilaaahhh...) sama subway (kereta bawah tanah). Subway-nya juga terdiri dari Metro sama Toei. Jadi sebelum naik, pastikan dulu mau naik yang mana, biar ga salah beli karcis wkwkwkwkkkk... Jangan sampe beli karcis JR masuk ke jalur Metro, ga akan bisa masuk hheheheee... Jadi, sebelom beli tiket, lihat dulu logo di vending machine-nya, jaga2 klo tulisannya mungkin agak2 ga mudheng.



2. Siapkan peta JR dan peta subway yang ada terjemahan alfabetnya, karena tidak semua stasiun melengkapi peta jalur keretanya dengan alfabet. Kenapa hal ini penting? Karena vending machine di tokyo hanya dilengkapi tombol nilai tarif dan jumlah tiket yang mau dibeli. Lalu, bagaimana bisa tahu tarif dari stasiun A ke stasiun B? Tarifnya bisa dicek online atau dilihat manual di peta yang biasanya dipampang besar di atas deretan vending machine. Setidaknya, kalau sudah ada bekal peta, ga akan panik kalau petanya bertulisan kanji semua.

3. Ada saat ketika ganti line yang masih dalam satu jalur subway (metro ke metro), yang saya tahu di Ginza Station, harus melewati gate cek tiket. Pilih gate cek tiket yang ada warna orange-nya, yang artinya masih akan melanjutkan ke tujuan selanjutnya. Kalau engga, tiketnya bakal ketelen, karena dianggap itu adalah tujuan akhir walaupun belinya seharga tujuan akhir.

4. Kalau salah isi tarif tiket pun ga masalah sebenernya, tarif tiket bisa di upgrade di vending machine yang tersedia di dekat gate exit. Jadi jangan panik kalau pas nge-tap tiket keluar stasiun, gate-nya ga mau kebuka, langsung aja cari vending machine untuk meng-upgrade tarif tiketnya.

Demikian, sekedar share pengalaman, mudah-mudahan bisa membantu dan memberi keberanian untuk yang belum berani berjalan-jalan sendiri khususnya di Tokyo. Apalagi melihat peta JR atau Subway-nya yang sudah seperti sarang laba-laba belang wkwkwkwkkkkk...

Tambahan referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Tokyo_Metro
http://www.tokyometro.jp/en/subwaymap/
http://english.jr-central.co.jp/
http://www.kotsu.metro.tokyo.jp/eng/

No comments:

Post a Comment

VISA KOREA SELATAN GRATIS SAMPAI AKHIR TAHUN 2019! KUUYYY!!!

Hai traveller, pada tau ga? Korea Selatan kan lagi bikin "promo" visa gratis looohhhh... Promo ini diberikan pemerintah Korse...